Hari2 Jomblo, Hari2 Bahagia….?


Jomblo atau Jomlo? Kalau kita buka Kamus Besar Bahasa Indonesia yang benar adalah Jomlo. Bukan Jomblo. Jomlo artinya gadis tua. Klo gitu Jomblo apa? Namanya juga bahasa gaul, so ikut aja deh.

Apa enaknya jadi Jomblo? setiap orang beda-beda. Saya memilih bergabung dengan mereka yang telah berikrar untuk menjomblo sebelum menikah.

Buat orang yang merasa selalu butuh seseorang, menjadi jomblo (sementara) mungkin berat. Tapi tau nggak sih? Sebenernya jadi jomblo itu banyakan manfaatnya. Banyak juga bahagianya. Kita bebas temenan ama siapa saja. Bebas ngapain aja.


Selama bertahun menjomblo, saya benar-benar menikmati. Mungkin karena saya tipe orang mandiri. Jadi nggak masalah mau ada yang nganter kek, mau ada yang jemput kek. Enakan juga sendiri. Saya nggak biasa ngerepotin orang lain. Kemaleman pun, saya jarang minta dijemput sama orang rumah. Malah mereka yang sibuk nelpon.

Jadi jomblo membuat kita punya banyak temen. Kita bebas temenan ama siapa aja, dimana aja. Saya suka perhatiin teman yang punya pacar, dia mainnya sama pacarnya terus. Nggak sempet deh gaul ama banyak orang

Tapi saya masih seneng2 aja sama status jomblo. Yang pertama karena ortu nggak pernah mendesak saya untuk segera menikah. Yang sibuk malah uwa saya. Trus saya punya banyak teman dimana kalau hari libur or long weekend, saya nggak pernah kesepian. Selalu saja ada yang ngajak :

“ Ke gramed yuk..”

“ Kayaknya kalau hari ini renang enak deh…”

“ Ke rumah si Anu yuk…dah lama nggak ketemu “

atau

“ Besok rapat ya, buat acara workshop…”

“ Pekan ini mabit yuk, acaranya bagus…”

“ Ada pengajian di Islamic, datang yuk “

Atau

“ Long weekend ini ke puncak, mau nggak?”

So…saya harus sortir, kegiatan apa yang bisa saya lakukan jika hari libur. Biasanya sih sabtu minggu mang ada kegiatan terus. Dan kalau emang lagi capek, saya milih dirumah aja. Puas-puasin tidur dan kumpul bareng keluarga. Bener-bener bahagia deh, sampe saya lupa umur bertambah terus.

Bayangin aja sih, saya selalu menikmati hari dengan kegiatan ini dan itu. Saat hari libur pun ortu dah gak bisa mencegah jikalau saya tidak ada dirumah. Dengan syarat, saya harus mengerjakan pekerjaan rumah seperti cuci baju, ngepel, cuci piring

Saya juga masih comfort dengan status jomblo karena baru 30% teman-teman saya yang menikah. Kalau teman dekat baru dua orang aja. Sisanya masih banyak yang belum nikah. Tapi kalau terlalu nyaman juga, kapan saya mau seriusnya?

Yang paling saya suka, saat-saat jomblo seperti ini adalah kesempatan kita untuk beramal lebih banyak pada masyarakat. Juga beribadah dengan maksimal.

Hari-hari ini saya sedang berpikir, apakah saya terlalu bahagia dengan status jomblo saya? Sehingga saya lupa untuk benar-benar berikhtiar mendapatkan pasangan hidup? Kata teman, saya terlalu nyantai..ada peluang, selalu dilepas.

Ya…saya pikir, kalau jodoh nggak akan kemana. Kita nggak usah maksain diri kalau mang gak sreg. Percuma kan, kita Cuma ngelepasin status doang, tapi kita nggak bahagia. Mendingan juga jadi jomblo tapi bahagia. Saya kadang prihatin sama orang-orang yang hanya mengejar status “nggak jomblo lagi” tapi nggak mempertimbangkan masa depannya. Paling nggak kan kudu istikharah dulu. Iya nggak?

Tapi mungkin sih teman saya benar juga. Saya terlalu nyaman dengan status jomblo. Sewaktu masih kuliah, saya sama sekali belum ada niat untuk menikah. Saat awal tahun 2006 baru deh saya nyadar kalau saya harus nyusun konsep untuk kearah sana.

Kalau konsep yang sederhana sih saya dah punya sejak masih kuliah. Tadinya saya pengen bekerja dari rumah, pengen buat madrasah sendiri buat anak2 saya (kayak homeschooling gitu), pengen tiap pagi nyetelin murottal buat mereka biar hafal Qur’an, pengennya gitu. Eh, tapi saya gak kepikiran mau sama orang yang kayak gimana.

Beda ama teman saya. Dia malah punya rencana gimana membuat rumah yang nyaman untuk suami dan anak2nya. Kamar tidur dimana, dapur dimana. Ibaratnya, saya punya konsep yang software, temen saya yang hardware. Dan dia udah rencanain ama orang yang kayak gimana. Misalnya dengan seorang pria yang penghasilannya minimal sekian. Dia bilang, hari gini harus mikir kearah sana. Mang iya sih, buat saya berapa2nya itu terlalu berlebihan. Yang penting dia bisa dan mau cari maisyah.

Sekarang orientasi saya berubah. Kalau dulu saya ingin yang begini dan begitu. Malah waktu SMA pake standar tinggi badan segala. Dah gitu pengen sama yang bisa maen gitarlah, yang suka naek gununglah, yang begini dan begitu. Pas kuliah saya juga mulai berubah pikiran.

Tapi sampe hari ini, semuanya dah jauh bgt. Saya Cuma ingin yang sederhana saja : satu pemikiran dan pemahaman dalam agama saya dan yang paling utama dia bisa jadi ayah yang baik untuk anak-anak saya kelak.

Dibalik hari-hari bahagia menjomblo, sebenarnya ada saat dimana saya juga pengen nggak jomblo lagi. Misalnya kalau malam-malam lagi kehujanan…sendirian lagi( hiks…hiks…) coba kalau ada yang mayungin (kasian deh aq…).

Dan repotnya kalau ada acara pernikahan atau acara keluarga. Nggak jarang , ada yang nawarin untuk ngenalin kerabatnya. Malah murid saya ada yang pengen jodohin saya ama omnya. Aduh…jangan dianggap bete sih. Setelah saya baca salah satu tulisan teman saya “Karena Lajang, Maka Disayang” jadi terharu. Bisa jadi itu semua ekspresi rasa sayang mereka pada kita.

Selama teman-teman saya belum banyak yang nikah…saya bakalan happy-happy terus dan nggak pernah rasain kesepian. Paling kalau ada yang tanya

“ Kapan ngasih undangannya?”

saya jawabnya gini….

“ Lagi dicetak, tapi masih cari nama mempelai prianya, buat nemenin nama aku disitu “

Atau kalau ada yang tanya lagi

“ Kapan nyusul?”

“ Mau nyusul sih, tapi tukang ojeknya nggak ada..”

Atau ada yang nanya lagi

“Kapan…..? nunggu apalagi? Lulus kuliah udah, kerja udah? Kapan..?”

“May…”

“ Bulan Mei..?!?”

“May be yes…may be no!…” (minjem slogan iklan rokok..)



2 komentar:

Ali mengatakan...

Hidup Jomblo!!!:)
oiya minta bantuaannya nitip link ini ya http://www.moratmarit.com/2009/08/kenali-dan-kunjungi-objek-wisata-di.html klo bisa ditempat blogroll dgn teks Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang sampai 17november aja bos. Bila berkenan saya ucapkan banyak terimakasih..:)

Natha Lia mengatakan...

Jomblo is The Best.....

ur Link alredy i ADD to my blog...Pls Add my Link.....tq

Klik Here

Posting Komentar

"KITA MEMANG JOMBLO..TAPI KITA ADALAH SEORANG JOMBLO TERPILIH DAN SANGAT TERHORMAT DI MATA UMAT"...

 

Postingan Terbaru

KOmenTar TeraKhir